Selasa, 09 Desember 2008

Pemasaran Ceria di Tengah Krisis Global



 Saya sangat tertarik ketika membaca artikel Yadi Budhi Setiawan (managing Director Force One. Selling & Distribution Consultants) yang berjudul “Peluang Ketika Likuiditas Pasar Kering”
 Yadi menyebutkan 6 taktik penjualan untuk menyiasati krisis global yang menyebabkan daya beli masyarakat turun. 6 taktik tersebut coba saya aplikasikan langsung terhadap system pemasaran Ceria:
 Karena sekaranglah saatnya utnuk meningkatkan penjualan secara cepat dan mencurii Outlet Share.

a. Program 3 – 5 % hard cash discount.
Mengadakan collection blitz dengan menawarkan “collection rewards cheme”
Dalam implementasinya Ceria sudah menerapkannya dari Rp. 199rb untuk C210E menjadi Rp 149rb dan system fee yang berjenjang.
b. Management on the road
Sudah diterapkan dengan direct selling system
c. Mengalihkan bonus insentif ke product category/ item untuk 3 bulan ke depan sehinga salesman mengkonsolidasi prospecting diri.Ini yang belum diterapkan mengingat kebijakan dari STI tentang scheme harga product berubah sehingga melemahkan pondasi, yang seharusnya dilakukan adalah perubahan/ inovasi product (handset) dengan harga kompetitif karena dari segi product layanan ceria masih unggul (tariff dan frekuensi)
d. Meningkatkan frekuensi kunjungan ke outlet, pareto aktif dan ceruk-ceruk pasar.
CO Ceria punya kemampuan, motivasi, dan daya jelajah terhadap hal ini. Sayang amunisi product belum memadai.
e. Meluncurkan program Sales Force Contest dengan bobot 50/50
sudah dilakukan dengan CO Contest tapi sistematika yang kurang jelas dan cenderung Top Up 50 dan Top Down 20 akhirnya hanya terasa seperti angin lalu
f. Foundation Scheme Sales force
Scheme sales yang menggunakan system basic income dan family loyalty. Ini yang belum dijalankan di ceria. Jadi kalo boleh usul, co ada basic income dan jaminan kesejahteraan. Meski kecil hal tersebut akan mengikat loyalitas karyawan terhadap perusahaan dan target.
sekali lagi ini hanya usulan dan pemikiran dari beberapa kawan yang menghadapi langsung warna-warna suka duka selling ceria goes to village




Tidak ada komentar: